Feeds:
Posts
Comments

Archive for August, 2011

Muhammad Ricky Febrian

Pertama kali baca judul tulisan ini mungkin otak kalian bertanya kenapa sih “si penulis” membuat judul tentang namanya sendiri dan apakah tidak ada hal kreatif lainnya yang bisa dia tulis jadi judul ?  Sebenarnya penulis sendiri bingung, bimbang dan gundah gulana kenapa menulis judul itu.

Hal-hal yang membingungkan ini datang ketika penulis masuk kuliah Creative Innovation, tepatnya tanggal 16 agustus 2011. Untuk lebih jelasnya begini kejadiannya

Di pagi yang sangat damai dimana angin-angin berhembus dengan santainya, di tambah dengan nyanyian ayam-ayam yang saya ga tahu datangnya dari mana tapi tetep aja ada, dimana banyak sekali om om yang masih saja dengan semangatnya mengelus perut buncitnya area depan rumah saya. Tidur saya pun terganggu dengan suara alarm yang berbunyi hingga mengetarkan syaraf-syaraf gendang telinga saya. Saya pun berusaha untuk membuka mata saya dengan susahnya, bahkan setan-setan yang katanya  lagi diikat rapat-rapat nih di dalam neraka sekarang ini  , tetep aja ngga ada habis-habisnya ngebisikin saya untuk tidur kembali ke alam mimpi saya.  teringat janji saya kepada orang tua saya untuk 100% masuk kuliah di semester ini memotivasi saya bangun dan membawa tubuh gagah nan ideal saya ini menuju kampus saya tercinta.

Ketika masuk di salah satu ruangan di tempat biasa saya kuliah saya belum merasakan sesuatu yang luar biasa akan terjadi, isi kuliah sama seperti pertemuan sebelumnya dimana saya di bekali ilmu-ilmu yang mengharuskan saya berpikir secara out of the box, tiba-tiba di akhir kuliah, si dosen yang seru “sebut saja namanya paman Apiq” membuat hari itu lebih spesial dari pertemuan-pertemuan sebelumnya . Paman Apiq memberikan sesuatu yang lebih di benci mahasiswa daripada uang bulanan yang telat  yaitu sebuah “tugas”. Tetapi apabila kalo kita ingin menjadi sukses ya kita harus bisa merubah itu menjadi suatu berguna bagi hidup kita. Keren kan?

Tugas ini lah yang membuat saya sulit bangun sahur. Paman Apiq  membuat  saya dalam 1 minggu ini bisa menginterpretasikan nama kita sendiri. Kedengarannya sih gampang, tapi untuk seseorang yang kurang kreatif, dan mempunyai mental blocking yang besar seperti saya , tugas ini menjadi suatu hal yang sulit untuk dikerjakan, ditambah tugas ini pun selalu menghantui saya setiap saya ingin beristirahat, oleh sebab itu saya berusaha untuk beranikan diri deh dengan mencoba menginterpretasikan nama saya ini melalui tulisan ini.

Kalo menurut saya sih apabila kita membahas “Nama” dapat menjadi sesuatu hal yang sangat menarik untuk dibahas. Ketika berkomunikasi dengan orang lain, biasanya hal-hal pertama yang biasa kita tanyakan adalah nama.  Kenapa mesti nama???, kenapa kita tidak menanyakan jumlah bulu hidung dia,ukuran celana jeans dia , ataupun soal-soal matematika yang tidak kita mengerti kepada dia, “mengapa kita biasanya selalu menanyakan sebuah nama?”, setelah itu kita akan berpikir “apa sih  gunanya nama buat kita?” nama begitu krusial untuk diketahui dan dimiliki oleh setiap orang di dunia ini.

Menurut otak saya yang kira volumenya saya kira gak jauh beda dengan otak-otak orang lain, nama merupakan suatu identitas, dimana identitas ini terdiri susunan-susunan alfabet/huruf-huruf/simbol-simbol yang unik dan memiliki arti (doa), selain itu namapun menurut saya nama merupakan suatu alat yang memudahkan kita untuk menunjukan identitas kita. Nama pun sangat penting karena dengan nama kita bisa mengetahui kapan kita mesti menyahut omongan orang lain, memanggil orang lain ataupun membicarakan orang lain. Bayangkan kalo kita tidak mempunyai nama bagaimana kita bisa tahu kapan kita harus menyahut omongan orang lain, memanggil orang lain dan ataukah mesti memanggil orang lain dengan identitas yang lainnya (fisik) seperti memanggil seseorang dengan sebutan lelaki tinggi, berkulit hijau berkumis tipis, tidak berbulu, berkaki dua  dan bermata dua. Atau apabila kita hanya memanggil “kamu”,”hey”,”elo”, pasti akan membingungkan orang-orang yang ada di sekitar anda apakah ia harus menyahut atau tidak. Hal ini pasti akan sangat menyusahkan kita untuk memanggil seseorang. Oleh sebab dengan adanya nama pasti akan memudahkan kita untuk menunjukan identitas setiap orang.

Selain nama merupakan sebuah identitas menurut saya nama pun merupakan anugrah yang kita terima pertama kali dari orang lain kepada kita. Dapat dikatakan nama merupakan sebuah doa yang diharapkan oleh seseorang insan kepada yang maha kuasa. Kalo melihat nama saya Muhammad ricky febrian, kata muhammad mungkin tidak asing di telinga kita dan pasti setiap orang mengetahui Nabi muhammad. Mungkin saya diberikan nama tersebut agar saya dapat meniru sori tauladan dari nabi muhammad. Seperti yang saya tahu banyak hal-hal yang positif yang kita bisa dapat dari nabi muhammad, seperti bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses dunia akhirat, sifat yang baik , ramah, bjikasana, dan hal baik-baik lainnya.

Berlanjut kepada pengertian RICKY, untuk mengetahui arti dari nama ini saya langsung aja nyari tahu dari sumbernya yaitu orang tua saya, berhubung ayah saya lagi ngantor dan ga ada di rumah yaudah deh nanyanya ke sumber yang satu lagi yaitu mama saya yang sedang sibuk dengan telenovela yang sedang ia tonton.

Saya       :“mamah apaan sih arti ricky ? ”

Mama   :” ya apa yaaa? rezeki kali?”

Saya       :”kalo gitu kenapa ga namanya ga rizki aja mah lebih deket?”

Mama   :”ya suka-suka mama ama papa donk…. Sebenernya sih dlu mamah ama papah bikin nama anak-anaknya pokoknya depannya “R” belakangnnya “Y” liat aja    nama keluarga kakak ato adek kamu kan Ranny, Rendy, Resty trus kamu deh Ricky”       ~~(^0^~)  (~^0^)~~

Saya       : “terus kenapa ga rizky?”

Mama   :”ricky lebih enak ngomongnnya \(^0^)/\(^0^)/

Saya       :   (–_____—–“!)

Setelah percakapan yang singkat itu pun saya mengerti bahwa nama tengah saya tersebut memiliki arti sebagai pembawa rezeki (amiinnn). Oleh sebab itu untuk menjadi seseorang yang dapat membawa rezeki kepada orang-orang yang ada di sekitarnya saya sendiri telah menginterpretasikan nama saya seperti berikut ini:.

R             : Ramah, setiap orang pasti ingin selalu dihargai dan diterima oleh suatu komunitas oleh sebab itu sifat ramah menurut saya sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk dapat lebih mudah diterima di suatu komunitas

I               : imaginatif, untuk menjadi seseorang entrepreneur, kreatif merupakan salah satu kunci yang mendorong kita agar dapat berkompetisi dengan kompetitor-kompeitor kita lainnya, sifat kreatif dapat diasah dengan pikiran pikiran imajinatif yang tidak terkekang oleh barrier-barrier yang ada di dalam ide-ide kita

C             : ceria, mungkin kata ceria merupakan kata yang paling cocok dengan hidup saya selama ini, selama ini saya sering dikenal dengan seseorang yang ceria, dan mudah untuk tertawa,

K             : kapten Tsubasa, Ya saya ingin sekali menjadi seorang leader seperti kapten tsubasa, kapten Tsubasa merupakan seseorang yang memiliki semangat juang yang tinggi dan selalu mengutamakan kerja sama tim, saya rasa kedua sifat kapten subasa ini lah yang dapat membuat diri kita dapat menjadi sukses untuk meraih kesuksesan di dunia ini

Y              : “ya” alhamdulillah senang selalu. Walaupun banyak halangan rintangan yang menghadang di kehidupan saya. saya selalu berusaha untuk selalu menysyukuri dan menggangpa itu merupakan hadiah dari tuhan yang maha esa. Karena menurut saya pengalaman/pelajaran merupakan asset yang paling berharga bagi hidup saya untuk kedepannya.

Febrian?

Febrian dari katanya aja udah di ambil dari salah satu nama bulan yang identik dengan warna pink, coklat, gambar hati dan hal hal romantis lainnya yaitu Februari, hal ini udah  lumayan lumrah sih.  Contohnya seperti rio febrian, ricky febrian, dan banyak febrian-febrian lainya deh, diamana kata febrian ini juga merupakan suatu identitas yang mencerminkan bahwa orang tersebut rata-rata lahir di februari itu good looking dan menawan. Contohnya saya yaitu lahir pada tanggal 16 february 1991, rio febrian 25 Februari 1981, dll. Kalo ga percaya bisa di cek sendiri ke orang yang mempunyai kata “febrian” di namanya.

“ya intinya dari bacaan ini ya arti nama saya yaitu sebagai pembawa rezeki di bulan februari yang semoga bisa meniru sifat-sifat nabi muhammad”

Ya sekian pendapat dan interpretasi nama saya, mohon maaf kalo ada yang tidak berkenan dan kurang seru apalagi kalo ngga enak ngebacanya, baru sekali menulis blog sih hehe. Mohon kritik dan saranya

Salam Ganteng

Read Full Post »