Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘KULIAH’ Category

The Most Creative Country

Berkembangnya teknologi sekarang mendorong negara negara di dunia untuk menjadi semakin kreatif, bahkan cenderung berlomba- lomba untuk menjadi negara yang paling kreatif. Jepang, Korea Selatan, Amerika, Singapura, India, termasuk negara yang dinilai kreatif. Negara negara tersebut seakan berlomba lomba dalam menemukan hal baru, berinovasi dan berkreatifitas. Namun menurut saya SWEDIA adalah negara paling kreatif di bandingkan negara lain di dunia ini.

Swedia

The world’s most innovative nation

Sebuah study berjudul “the Global Takeoff of New Products: culture, wealth or Vanishing Differences ” berkonklusi bahwa Swedia, Jepang dan Norwegia merupakan negara-negara yang paling inovatif di dunia. Study menemukan bahwa budaya memainkan peran penting dalam mempengaruhi seberapa cepat suatu negara bersedia untuk merangkul produk baru dan teknologi. Negara dengan masyarakat yang adaptif terhadap sesuatu yang baru biasanya akan berlomba untuk menciptakan sesuatu yang baru lagi.

Swedia juga merupakan  negara di benua Eropa yang paling  sadar akan digitalisasi, dan  salah satu negara yang paling kompetitif di bidang digitalisasi. Masyarakat di swedia juga terkenal dengan pikirannya yang open minded sehingga pemikiran pemikiran baru yang kreatif serta inovasi di bidang digitalisasi sangat berkembang disana.

Inovatif adalah nilai inti untuk masyarakat  Swedia , Sebuah keterbukaan terhadap cara berpikir yang baru membutuhkan rasa ingin tahu  yang kuat dan keberanian untuk membuat aturan baru untuk orang-orang dalam masyarakat dan bagi individu.  ambisi untuk berubah, keinginan untuk membuat dan kerinduan untuk apa yang terasa baru. Mencari dan mempercayai akal sehat dan pengetahuan. Berani percaya pada masa depan yang lebih baik yang mungkin bagi setiap orang.  variasi, kolaborasi dan keberanian membuahi pengetahuan dan ide-ide yang mengarah ke hasil yang inovatif.

Contoh-Contoh kreatifitas negara swedia

Ice Hotel

Lapland Ice Hotel merupakan hotel unik yang seluruh bangunan dan furniture nya menggunakan es bahkan sampai ke patung-patung merupakan pahatan dari  kristal es. Hotel es kreativitas swedia ini merupakan hotel es pertama di dunia. Menurut saya salah satu hasil kreatifitas swedia ini harus masuk daftar hal yang harus di lakukan di waktu kita masih hidup. hehe

VOLVO

Volvo adalah perusahaan pembuat sarana angkutan dari Swedia. Perusahaan ini menghasilkan truk, bus, peralatan konstruksi, sistem penggerak (drive system) untuk peralatan kelautan serta aplikasi-aplikasi industri, suku cadang pesawat udara, dan perusahaan keuangan.

volvo cars

Volvo kini sedang menguji coba teknologi terbaru yang memungkinkan mobil untuk mengemudi sendiri. Teknologi ini memungkinkan mobil untuk mengikuti kendaraan di depannya dengan ‘semi-autonomous.teknologi ini diharapkan dapat dikembangkan di masa depan untuk secara besar-besaran untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan keselamatan di jalan.

car design

IKEA

Produk IKEA dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas maka banyak furnitur IKEA dirancang untuk costumer rakit sendiri. Perusahaan ini mengklaim bahwa ini membantu mengurangi biaya dan penggunaan  packaging serta meminimalisir biayapengiriman.

IKEA Product

Hasil-hasil produk innovative yang sebelumnya di temukan di swedia antara lain:

DInamit

Dalam salah satu eksperimen dengan nitrogliserin peledak, ahli kimia Swedia Alfred Nobel membuat penemuan penting. Saat ia sengaja memecahkan botol yang berisi bahan kimia ini, zat itu terjadi untuk mencampur dengan bahan melindungi botol. Hasilnya adalah produk dengan efek ledakan yang sama seperti nitrogliserin murni tetapi jauh kurang berbahaya untuk menangani.

Hasil hak paten atas dinamit dan karya karya nya yang lain di kumpulkan oleh Yayasan Nobel dan aktif memberikan hadiah Nobel tiap tahunnya pada orang-orang yang sukses berinovasi

Tetra Pak
Tetra Pak, meurpakan sistem kemasan untuk non-karbonasi cairan, diciptakan pada tahun 1944 oleh Erik Wallenberg dan Ruben Rausing. Hal ini terutama berguna untuk produk susu dan telah menjadi sukses ekspor besar. Kini hampir semua produk minuman yang di jual dipasaran menggunakan kemasan Tetra Pak yang aman dan mulai bermain kreatif dengan desain kemasan ini.

Global Positioning System (GPS)
Hakan Lans adalah kontributor kunci untuk penemuan GPS, sistem yang titik-titik lokasi kendaraan atau perangkat dengan menggunakan satelit. GPS telah merumuskan kembali sistem transportasi dan pengendara agar tidak tersesat. Menurut saya GPS merupakan penemuan yang sangat jenius karena tanpa GPS pasti saya sering tersasar. hehe

Sekian pembahasan saya tentang negara paling kreatif, semoga bisa menginspirasi kita untuk maju yah….

 

salam ganteng

Advertisements

Read Full Post »

Muhammad Ricky Febrian

Pertama kali baca judul tulisan ini mungkin otak kalian bertanya kenapa sih “si penulis” membuat judul tentang namanya sendiri dan apakah tidak ada hal kreatif lainnya yang bisa dia tulis jadi judul ?  Sebenarnya penulis sendiri bingung, bimbang dan gundah gulana kenapa menulis judul itu.

Hal-hal yang membingungkan ini datang ketika penulis masuk kuliah Creative Innovation, tepatnya tanggal 16 agustus 2011. Untuk lebih jelasnya begini kejadiannya

Di pagi yang sangat damai dimana angin-angin berhembus dengan santainya, di tambah dengan nyanyian ayam-ayam yang saya ga tahu datangnya dari mana tapi tetep aja ada, dimana banyak sekali om om yang masih saja dengan semangatnya mengelus perut buncitnya area depan rumah saya. Tidur saya pun terganggu dengan suara alarm yang berbunyi hingga mengetarkan syaraf-syaraf gendang telinga saya. Saya pun berusaha untuk membuka mata saya dengan susahnya, bahkan setan-setan yang katanya  lagi diikat rapat-rapat nih di dalam neraka sekarang ini  , tetep aja ngga ada habis-habisnya ngebisikin saya untuk tidur kembali ke alam mimpi saya.  teringat janji saya kepada orang tua saya untuk 100% masuk kuliah di semester ini memotivasi saya bangun dan membawa tubuh gagah nan ideal saya ini menuju kampus saya tercinta.

Ketika masuk di salah satu ruangan di tempat biasa saya kuliah saya belum merasakan sesuatu yang luar biasa akan terjadi, isi kuliah sama seperti pertemuan sebelumnya dimana saya di bekali ilmu-ilmu yang mengharuskan saya berpikir secara out of the box, tiba-tiba di akhir kuliah, si dosen yang seru “sebut saja namanya paman Apiq” membuat hari itu lebih spesial dari pertemuan-pertemuan sebelumnya . Paman Apiq memberikan sesuatu yang lebih di benci mahasiswa daripada uang bulanan yang telat  yaitu sebuah “tugas”. Tetapi apabila kalo kita ingin menjadi sukses ya kita harus bisa merubah itu menjadi suatu berguna bagi hidup kita. Keren kan?

Tugas ini lah yang membuat saya sulit bangun sahur. Paman Apiq  membuat  saya dalam 1 minggu ini bisa menginterpretasikan nama kita sendiri. Kedengarannya sih gampang, tapi untuk seseorang yang kurang kreatif, dan mempunyai mental blocking yang besar seperti saya , tugas ini menjadi suatu hal yang sulit untuk dikerjakan, ditambah tugas ini pun selalu menghantui saya setiap saya ingin beristirahat, oleh sebab itu saya berusaha untuk beranikan diri deh dengan mencoba menginterpretasikan nama saya ini melalui tulisan ini.

Kalo menurut saya sih apabila kita membahas “Nama” dapat menjadi sesuatu hal yang sangat menarik untuk dibahas. Ketika berkomunikasi dengan orang lain, biasanya hal-hal pertama yang biasa kita tanyakan adalah nama.  Kenapa mesti nama???, kenapa kita tidak menanyakan jumlah bulu hidung dia,ukuran celana jeans dia , ataupun soal-soal matematika yang tidak kita mengerti kepada dia, “mengapa kita biasanya selalu menanyakan sebuah nama?”, setelah itu kita akan berpikir “apa sih  gunanya nama buat kita?” nama begitu krusial untuk diketahui dan dimiliki oleh setiap orang di dunia ini.

Menurut otak saya yang kira volumenya saya kira gak jauh beda dengan otak-otak orang lain, nama merupakan suatu identitas, dimana identitas ini terdiri susunan-susunan alfabet/huruf-huruf/simbol-simbol yang unik dan memiliki arti (doa), selain itu namapun menurut saya nama merupakan suatu alat yang memudahkan kita untuk menunjukan identitas kita. Nama pun sangat penting karena dengan nama kita bisa mengetahui kapan kita mesti menyahut omongan orang lain, memanggil orang lain ataupun membicarakan orang lain. Bayangkan kalo kita tidak mempunyai nama bagaimana kita bisa tahu kapan kita harus menyahut omongan orang lain, memanggil orang lain dan ataukah mesti memanggil orang lain dengan identitas yang lainnya (fisik) seperti memanggil seseorang dengan sebutan lelaki tinggi, berkulit hijau berkumis tipis, tidak berbulu, berkaki dua  dan bermata dua. Atau apabila kita hanya memanggil “kamu”,”hey”,”elo”, pasti akan membingungkan orang-orang yang ada di sekitar anda apakah ia harus menyahut atau tidak. Hal ini pasti akan sangat menyusahkan kita untuk memanggil seseorang. Oleh sebab dengan adanya nama pasti akan memudahkan kita untuk menunjukan identitas setiap orang.

Selain nama merupakan sebuah identitas menurut saya nama pun merupakan anugrah yang kita terima pertama kali dari orang lain kepada kita. Dapat dikatakan nama merupakan sebuah doa yang diharapkan oleh seseorang insan kepada yang maha kuasa. Kalo melihat nama saya Muhammad ricky febrian, kata muhammad mungkin tidak asing di telinga kita dan pasti setiap orang mengetahui Nabi muhammad. Mungkin saya diberikan nama tersebut agar saya dapat meniru sori tauladan dari nabi muhammad. Seperti yang saya tahu banyak hal-hal yang positif yang kita bisa dapat dari nabi muhammad, seperti bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses dunia akhirat, sifat yang baik , ramah, bjikasana, dan hal baik-baik lainnya.

Berlanjut kepada pengertian RICKY, untuk mengetahui arti dari nama ini saya langsung aja nyari tahu dari sumbernya yaitu orang tua saya, berhubung ayah saya lagi ngantor dan ga ada di rumah yaudah deh nanyanya ke sumber yang satu lagi yaitu mama saya yang sedang sibuk dengan telenovela yang sedang ia tonton.

Saya       :“mamah apaan sih arti ricky ? ”

Mama   :” ya apa yaaa? rezeki kali?”

Saya       :”kalo gitu kenapa ga namanya ga rizki aja mah lebih deket?”

Mama   :”ya suka-suka mama ama papa donk…. Sebenernya sih dlu mamah ama papah bikin nama anak-anaknya pokoknya depannya “R” belakangnnya “Y” liat aja    nama keluarga kakak ato adek kamu kan Ranny, Rendy, Resty trus kamu deh Ricky”       ~~(^0^~)  (~^0^)~~

Saya       : “terus kenapa ga rizky?”

Mama   :”ricky lebih enak ngomongnnya \(^0^)/\(^0^)/

Saya       :   (–_____—–“!)

Setelah percakapan yang singkat itu pun saya mengerti bahwa nama tengah saya tersebut memiliki arti sebagai pembawa rezeki (amiinnn). Oleh sebab itu untuk menjadi seseorang yang dapat membawa rezeki kepada orang-orang yang ada di sekitarnya saya sendiri telah menginterpretasikan nama saya seperti berikut ini:.

R             : Ramah, setiap orang pasti ingin selalu dihargai dan diterima oleh suatu komunitas oleh sebab itu sifat ramah menurut saya sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk dapat lebih mudah diterima di suatu komunitas

I               : imaginatif, untuk menjadi seseorang entrepreneur, kreatif merupakan salah satu kunci yang mendorong kita agar dapat berkompetisi dengan kompetitor-kompeitor kita lainnya, sifat kreatif dapat diasah dengan pikiran pikiran imajinatif yang tidak terkekang oleh barrier-barrier yang ada di dalam ide-ide kita

C             : ceria, mungkin kata ceria merupakan kata yang paling cocok dengan hidup saya selama ini, selama ini saya sering dikenal dengan seseorang yang ceria, dan mudah untuk tertawa,

K             : kapten Tsubasa, Ya saya ingin sekali menjadi seorang leader seperti kapten tsubasa, kapten Tsubasa merupakan seseorang yang memiliki semangat juang yang tinggi dan selalu mengutamakan kerja sama tim, saya rasa kedua sifat kapten subasa ini lah yang dapat membuat diri kita dapat menjadi sukses untuk meraih kesuksesan di dunia ini

Y              : “ya” alhamdulillah senang selalu. Walaupun banyak halangan rintangan yang menghadang di kehidupan saya. saya selalu berusaha untuk selalu menysyukuri dan menggangpa itu merupakan hadiah dari tuhan yang maha esa. Karena menurut saya pengalaman/pelajaran merupakan asset yang paling berharga bagi hidup saya untuk kedepannya.

Febrian?

Febrian dari katanya aja udah di ambil dari salah satu nama bulan yang identik dengan warna pink, coklat, gambar hati dan hal hal romantis lainnya yaitu Februari, hal ini udah  lumayan lumrah sih.  Contohnya seperti rio febrian, ricky febrian, dan banyak febrian-febrian lainya deh, diamana kata febrian ini juga merupakan suatu identitas yang mencerminkan bahwa orang tersebut rata-rata lahir di februari itu good looking dan menawan. Contohnya saya yaitu lahir pada tanggal 16 february 1991, rio febrian 25 Februari 1981, dll. Kalo ga percaya bisa di cek sendiri ke orang yang mempunyai kata “febrian” di namanya.

“ya intinya dari bacaan ini ya arti nama saya yaitu sebagai pembawa rezeki di bulan februari yang semoga bisa meniru sifat-sifat nabi muhammad”

Ya sekian pendapat dan interpretasi nama saya, mohon maaf kalo ada yang tidak berkenan dan kurang seru apalagi kalo ngga enak ngebacanya, baru sekali menulis blog sih hehe. Mohon kritik dan saranya

Salam Ganteng

Read Full Post »